Minggu, 19 April 2015

MAKALAH ICT PEMBELAJARAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi barang yang aneh. Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang segala kegiatan seperti belajar mengajar , bisnis dll. Dengan menggunakan komputer seseorang dapat memudahkannya dalam pekerjaan. Semua orang mungkin tau apa itu komputer namun tidak semua orang tau sejarah perkembangan awal dari komputer itu tersebut serta cara menggunakan komputer dengan baik dan benar sehingga penggunaan komputer tidak memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia sehari-hari.

B.     Rumusan masalah
1.      Bagaimana tahapan perkembangan komputer?
2.      Bagaimana teknik menggunakan komputer?
3.      Bagaimana teknik mengoperasikan komputer?
4.      Apa itu komputer based learning?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui tahapan perkembangan komputer.
2.      Untuk mengetahui teknik menggunakan komputer.
3.      Untuk mengetahui teknik mengoperasikan komputer.
4.      Untuk mengetahui komputer based learning.






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tahapan perkembangan komputer.
Perkembangan teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran besar hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.
1.      Generasi pertama
Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Saat ini merupakan zamannya komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I. Karakteristik komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur, mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt, menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih. Jadi, orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini belum dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Hanya perusahaan-perusahaan besar, institusi pendidikan dan instansi pemerintah yang menggunakannya.
Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.
Ciri-ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut:
a.       Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
b.      Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
c.       Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
Komputer generasi pertama memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
a. Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas.
b.Banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas.
c. Prosesnya relatif lambat.
d.                   Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL· Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC.
2.      Generasi kedua.
Zaman ini dimulai dengan pemakaian transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya. Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.
Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut:
a.       Komponen elektronikanya dari Transistor.
b.      Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
Sifat-sifatnya:
a.       Ukurannya relatif kecil.
b.      Tidak banyak mengeluarkan panas.
c.       Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data.
d.      Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara bersama-sama)
e.       Proses relatif lebih cepat.
f.       Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
Contoh komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094. Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR. Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5.
Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer. pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti lunak atau software.
3.      Generasi ketiga
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer (baca : on-line). Teknologi ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer. Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya. Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada generasasi ini.
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut:
a.       Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip.
b.      Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL.
c.       Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan.
d.      Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
Sifat-sifatnya:
a.       Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kecil.
b.      Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing.
c.       Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi.
d.      Prosesnya sangat cepat.
e.       Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC. Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
4.      Generasi keempat
Seiring dengan lajunya waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya telah diproduksi dan dijual secara massal. Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave. Melihat perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dikata kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.
Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7, Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon dsb. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
5.      Generasi kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut:
a.       Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
b.      Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
c.       Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
d.      Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
Sifat-sifatnya:
a.       Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
b.      Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.
c.       Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis.
d.      Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
e.       Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
f.       Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Dua tanda tanda akan munculnya inovasi komputer generasi kelima adalah komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
B.     Teknik menggunakan komputer
Di era modern sekarang ini, sebagian besar orang di dunia ini menghambiskan banyak waktu di depan computer, tidak peduli anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantor, penjaga mall sampai kegiatan di sekolah sudah menggunakan computer. Hal ini terjadi karena kebutuhan manusia akan tingkat efisiensi waktu yang sangat tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi dibalik semua itu, apakah anda sadar menggunakan computer dengan cara yang salah dan dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama justru akan membuat anda mengalami gangguan mata, kepala, leher, lengan, dan punggung. Selain itu menggunakan computer dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan stress fisik.
Pastinya anda tidak ingin mengalami beberapa hal diatas, anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang berkaitan dengan penggunaan computer dengan membuat tubuh anda lebih nyaman selama anda menggunakan kmputer, tentunya dengan menyesuaikan posisi computer anda, seperti penempatan monitor yang sejajar dengan mata, mouse dan keyboard yang mudah dijangkau dan penggunaan kursi yang Ergonomis (bisa diputar dan dinaikturunkan). Terdapat beberapa tips sehat menggunakan computer, yaitu:
1.      Lingkungan Yang Bersih, Rapi dan Tenang 
Faktor lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan sangat menunjang agar kegiatan berkomputer Anda tidak terganggu, jika lingkungan Andabersih dan rapi, maka secara otomatis Anda juga akan lebih tenang dan lebih rileks dalam melakukan pekerjaan Anda dengan menggunakanKomputer, dan bisa Anda bayangkan sendiri jika lingkungan tempat kerja Anda penuh dengan kertas-kertas yang berserakan dan suara-suara yang bising, bisa dipastikan pekerjaan Anda sedikit banyak akan terganggu, karena faktor lingkungan sangat berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan secara keseluruhan.
2.      Perhatikan posisi duduk anda
Posisi duduk yang benar saat menggunakan Komputer adalah dengan menegakkan punggung Anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan tubuh Anda, bukan membungkuk atau miring.
3.      Posisikan monitor ditempat yang nyaman
Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan mata Anda sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan monitor Komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
a.       Atur posisi sehingga jarak Anda dan monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
b.      Atur tinggi monitor hingga berada sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
c.       Jika komputer Anda masih menggunakan Monitor CRT (tabung),  maka memasang filter pada layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda, karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga mendekati 0% (nol).
d.      Jagalah agar kondisi layar monitor Anda tetap bersih dari debu.
4.      Posisi keyboard dan mouse mudah dijangkau
Menempatkan Keyboard dan Mouse ditempat yang susah untuk dijangkau hanya akan membuat Anda susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini hanya akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman, silahkan simak beberapa tips berikut.
a.       Letakkan mouse dan keyboard tidak jauh dari tangan sehingga mudah dijangkau dan lengan anda bisa lebih rileks.
b.      Letakkan Mouse tidak jauh dari Keyboard.
c.       Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
d.      Posisikan Keyboard lebih rendah sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
e.       Peganglah Mouse dengan santai dan rileks
5.      Istirahatlah secara periodik
Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini akan membuat badan Anda terasa pegal-pegal pada punggung dan nyeri. Untuk meringankan hal tersebut, maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut beberapa gerakan yang dapat mengurangi kepegalan dan menambah kenyamanan Anda dalam
mengoperasikan Komputer.
a.       Warm Up (Pemanasan) - Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
b.      Kepalkan tangan dengan kuat lalu lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
c.       Mengistirahatkan Mata - Bekerja di depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar Komputer selama beberapa saat.

C.    Tekik mengoperasikan komputer
Pada jaman modern ini, menggunakan komputer sudah bukan sesuatu yang luar biasa lagi, Anda tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan khusus untuk Mengoperasikan Komputer, cukup dengan anda bisa membaca dan menuli sudah bisa memahami perintah sederhana komputer dan mengoperasikannya.
Cara mengoperasikan komputer sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu bagaimana menghidupkankan komputer, mengoperasikan komputer itu sendiri dan bagaimana mematikan komputer.
1.      Prosedur untuk menghidupkan komputer:
a.       Pastikan semua kabel power sudah terhubung dengan aliran listrik.
b.      Hidupkan CPU (Central Processing Unit) dengan menekan tombol On atau Power .
c.       Hidupkan Monitor dengan menekan tombol On pada Monitor.
d.      Tunggu hingga booting selesai, lalu akan muncul tampilan windows yang kita pergunakan.

2.      Pengoperasian komputer
Setelah komputer dinyalakan, maka proses selanjutnya adalah mengoperasikan komputer. Agar anda bisa lebih cepat menguasai komputer, maka gunakanlah komputer sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda. Jika anda seorang designer, maka anda bisa menggunakan Software Design seperti Corel Draw, 3D, Adobe Photoshop dan lain-lain. Jika tujuan anda untuk mengetik, mengirim email, membuat surat dan aktivitas lainnya yang menunjang pekerjaan kantor atau kuliah, maka Microsoft Office (Mirosoft Word, Excel, Power Point) dan sedikit pengetahuan akan internet sudah sudah sangat mumpuni untuk membantu meringankan pekerjaan.
3.      Prosedur untuk mematikan komputer:
a.       Klik tombol start yang berada pada taskbar.
b.      Lalu klik tombol Turn Off komputer.
c.       Setelah muncul tampilan yang menampilkan 3 pilihan, yaitu: a). Stanbay, b). Turn Off, c). Restart
d.      Nah anda pilih yang Turn Off.[1]

D.    Computer based learning
Jaya Kumar C. Koran (2002), mendefinisikan e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. Sedangkan Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Atau e-learning didefinisikan sebagai berikut : e-Learning is a generic term for all technologically supported learning using an array of teaching and learning tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions, and the more recognized web-based training or computer aided instruction also commonly referred to as online courses (Soekartawi, Haryono dan Librero, 2002).
Rosenberg (2001) menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini senada dengan Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan sebagai hakekat e-learning. Bahkan Onno W. Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet.
Internet, Intranet, satelit, tape audio/video, TV interaktif dan CD-ROM adalah sebahagian dari media elektronik yang digunakan Pengajaran boleh disampaikan secara ‘synchronously’ (pada waktu yang sama) ataupun ‘asynchronously’ (pada waktu yang berbeda). Materi pengajaran dan pembelajaran yang disampaikan melalui media ini mempunyai teks, grafik, animasi, simulasi, audio dan video. Ia juga harus menyediakan kemudahan untuk ‘discussion group’ dengan bantuan profesional dalam bidangnya.













BAB III
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi komputer yang dijelaskan menjadi empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang berukuran besar hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.
Di era modern sekarang ini, sebagian besar orang di dunia ini menghambiskan banyak waktu di depan computer, tidak peduli anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantor, penjaga mall sampai kegiatan di sekolah sudah menggunakan computer. Hal ini terjadi karena kebutuhan manusia akan tingkat efisiensi waktu yang sangat tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi dibalik semua itu, apakah anda sadar menggunakan computer dengan cara yang salah dan dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang lama justru akan membuat anda mengalami gangguan mata, kepala, leher, lengan, dan punggung. Selain itu menggunakan computer dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan stress fisik.
Cara mengoperasikan komputer sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu bagaimana menghidupkankan komputer, mengoperasikan komputer itu sendiri dan bagaimana mematikan komputer.
Jaya Kumar C. Koran (2002), mendefinisikan e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet. Sedangkan Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.





[1] Purnomo Andi,  Buku TIK Klas 1 SMA, (Surabaya: Yudistira).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar