BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi
barang yang aneh. Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang segala
kegiatan seperti belajar mengajar , bisnis dll. Dengan menggunakan komputer
seseorang dapat memudahkannya dalam pekerjaan. Semua orang mungkin tau apa itu
komputer namun tidak semua orang tau sejarah perkembangan awal dari komputer
itu tersebut serta cara menggunakan komputer dengan baik dan benar
sehingga penggunaan komputer tidak memberikan dampak negatif bagi kehidupan
manusia sehari-hari.
B.
Rumusan masalah
1.
Bagaimana tahapan perkembangan
komputer?
2.
Bagaimana teknik menggunakan
komputer?
3.
Bagaimana teknik mengoperasikan
komputer?
4.
Apa itu komputer based learning?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui tahapan perkembangan
komputer.
2.
Untuk mengetahui teknik
menggunakan komputer.
3.
Untuk mengetahui teknik
mengoperasikan komputer.
4.
Untuk mengetahui komputer based
learning.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tahapan perkembangan
komputer.
Perkembangan teknologi komputer yang dijabarkan di
bawah ini di bagi atas empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang
digunakannya, mulai dari yang berukuran besar hingga mikro yang sejalan juga
dengan kerumitan komponennya.
1.
Generasi pertama
Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942
hingga tahun 1959. Saat ini merupakan zamannya komputer-komputer raksasa,
seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC, UNIVAC I. Karakteristik komputer
pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar tidur,
mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan
memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt,
menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.
Jadi, orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini
belum dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Hanya perusahaan-perusahaan besar,
institusi pendidikan dan instansi pemerintah yang menggunakannya.
Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai
komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli
sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya
komputesinya sangatlah lambat.
Ciri-ciri
komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut:
a.
Komponen elektronikanya dari Tabung
Hampa (Vacuum Tube)
b.
Program dibuat dalam bahasa mesin
(Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
c.
Programnya masih menggunakan bahasa
mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
Komputer generasi pertama memiliki sifat-sifat sebagai
berikut:
a.
Ukurannya besar dan memerlukan
tempat yang sangat luas.
b.Banyak
Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas.
c.
Prosesnya relatif lambat.
d.
Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan
data kecil.
Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC
(Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John
Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS,
HONEYWELL· Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II,
IBM 650, ADVAC.
2. Generasi kedua.
Zaman ini dimulai dengan pemakaian transistor dan
dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil
dibandingkan generasi pendahulunya. Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori
inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam
pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan dengan bahasa assembly
(Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh
komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan
IBM 7094.
Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an
dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan
khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer
generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga
manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Ciri
ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut:
a.
Komponen elektronikanya dari
Transistor.
b.
Program dibuat dengan Assembly
Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator
(FORTRAN) dan ALGOL
Sifat-sifatnya:
a.
Ukurannya relatif kecil.
b.
Tidak banyak mengeluarkan panas.
c.
Telah mengenal Magnetic Tape dan
Magnetic Disk untuk menyimpan data.
d.
Mulai mengenal Tele Processing (time
sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara
bersama-sama)
e.
Proses relatif lebih cepat.
f.
Kapasitas untuk menyimpan data
semakin besar.
Contoh
komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094. Pabrik
yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data
Corporation), NCR. Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080,
IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL
400, PDP 1 & 5.
Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor
yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas
walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan
itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer.
pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di
bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti
lunak atau software.
3. Generasi ketiga
Era
baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian
besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan
terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer (baca : on-line). Teknologi ini
tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi
penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni
dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer. Karena
kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip
tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil
tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan
kinerjanya. Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi
Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa
pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh
komputer pada generasasi ini.
Komputer
generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan
komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.
Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi
lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat
mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri
ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut:
a.
Komponen elektronikanya dari
Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip.
b.
Program dibuat dengan bahasa tingkat
tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL.
c.
Sudah menerapkan konsep multi
processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming
dalam waktu yang bersamaan.
d.
Dapat berkomunikasi dengan peralatan
lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
Sifat-sifatnya:
a.
Ukurannya lebih kecil dari komputer
generasi kecil.
b.
Mulai mengenal Multi Programming dan
Multi Processing.
c.
Adanya integrasi antara Software dan
Hardware dalam Sistem Operasi.
d.
Prosesnya sangat cepat.
e.
Kapasitas untuk menyimpan data lebih
besar.
Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC,
dan NEC PC. Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Contoh
mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi
(operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang
berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan
mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga
adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
4. Generasi keempat
Seiring dengan lajunya waktu perkembangan komputer
sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat terutama pada generasi
ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya
yang semakin kecil dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar.
Harganya pun semakin murah disebabkan oleh karena komponen-komponennya telah
diproduksi dan dijual secara massal. Pada periode ini berbagai IC disatukan
menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large
Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai
diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan
spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati
oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat
awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak lagi digunakan hanya pada
komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya,
seperti televisi dan microwave. Melihat perkembangan dunia komputer yang
tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang
ini dapat kita prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi
mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh
manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dikata
kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu
(Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh
negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.
Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC
komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini
serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini
adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II,
Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad Core, Core i3, i5, i7,
Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon dsb. Generasi ini juga
mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan
teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan
rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
5. Generasi kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah
komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di
masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri
ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut:
a.
Komputer generasi ini masih dalam
tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi
ini dipelopori oleh negara Jepang.
b.
Komponen elektronikanya menggunakan
bentuk paling baru dari chip VLSI.
c.
Program dibuat dalam bahasa PROLOG
(Programming Logic) dan LISP (List Processor)
d.
Komputer generasi kelima difokuskan
kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang
berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang
merupakan analog tingkah laku manusia.
Sifat-sifatnya:
a.
Dapat membantu menyusun program
untuk dirinya sendiri.
b.
Dapat menerjemahkan dari suatu
bahasa ke bahasa lain.
c.
Dapat membuat
pertimbangan-pertimbangan logis.
d.
Dapat mendengar kalimat perintah
yang diucapkan serta melaksanakannya.
e.
Dapat memilih setumpuk fakta serta
menggunakan fakta yang diperlukan
f.
Dapat mengolah gambar-gambar dan
grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta
mengerti sebuah foto.
Dua tanda tanda akan munculnya inovasi komputer
generasi kelima adalah komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU
bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya
superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan
sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk
merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
B.
Teknik menggunakan komputer
Di era modern sekarang ini, sebagian
besar orang di dunia ini menghambiskan banyak waktu di depan computer, tidak peduli
anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantor, penjaga mall sampai kegiatan di
sekolah sudah menggunakan computer. Hal
ini terjadi karena kebutuhan manusia akan tingkat efisiensi waktu yang sangat
tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi dibalik semua itu, apakah
anda sadar menggunakan computer dengan cara yang salah dan dilakukan secara
berulang-ulang dalam waktu yang lama justru akan membuat anda mengalami
gangguan mata, kepala, leher, lengan, dan punggung. Selain itu menggunakan
computer dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan stress fisik.
Pastinya anda
tidak ingin mengalami beberapa hal diatas, anda dapat mengurangi
ketidaknyamanan yang berkaitan dengan penggunaan computer dengan membuat tubuh
anda lebih nyaman selama anda menggunakan kmputer, tentunya dengan menyesuaikan
posisi computer anda, seperti penempatan monitor yang sejajar dengan mata,
mouse dan keyboard yang mudah dijangkau dan penggunaan kursi yang Ergonomis
(bisa diputar dan dinaikturunkan). Terdapat beberapa tips sehat menggunakan
computer, yaitu:
1.
Lingkungan Yang Bersih, Rapi dan
Tenang
Faktor
lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan sangat menunjang agar
kegiatan berkomputer Anda tidak terganggu, jika lingkungan Andabersih dan rapi,
maka secara otomatis Anda juga akan lebih tenang dan lebih rileks dalam
melakukan pekerjaan Anda dengan menggunakanKomputer, dan bisa Anda
bayangkan sendiri jika lingkungan tempat kerja Anda penuh dengan kertas-kertas
yang berserakan dan suara-suara yang bising, bisa dipastikan
pekerjaan Anda sedikit banyak akan terganggu, karena faktor lingkungan sangat
berpengaruh dengan kenyamanan dan kesehatan secara keseluruhan.
2.
Perhatikan
posisi duduk anda
Posisi duduk yang benar saat menggunakan Komputer
adalah dengan menegakkan punggung Anda sehingga kepala dan leher sejajar dengan
tubuh Anda, bukan membungkuk atau miring.
3.
Posisikan
monitor ditempat yang nyaman
Posisi Monitor sebaiknya diletakkan sejajar dengan
mata Anda sehingga memudahkan Anda untuk berhadapan secara langsung dengan
monitor Komputer Anda, hindari melihat layar dengan kepala berpaling atau
yang mengharuskan Anda untuk memutar posisi duduk Anda. Berikut beberapa tips
agar posisi monitor tetap nyaman saat digunakan.
a.
Atur posisi sehingga jarak Anda dan
monitor berkisar 45 – 70 cm, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.
b.
Atur tinggi monitor hingga berada
sedikit dibawah mata kita, monitor yang terlalu tinggi atau rendah akan
menyebabkan nyeri pada leher dan pundak.
c.
Jika komputer Anda masih
menggunakan Monitor CRT
(tabung), maka memasang filter pada
layar monitor perlu dipertimbangkan untuk menghindari radiasi yang berlebihan
dari monitor, karena Monitor CRT masih memiliki tingkat
radiasi yang tinggi. Akan tetapi jika Anda sudah menggunakan LCD atau bahkan
LED monitor maka Anda tidak perlu memakai filter pada layar monitor Anda,
karena Monitor LCD/LED sudah memiliki filter radiasi hingga
mendekati 0% (nol).
d.
Jagalah agar kondisi layar monitor
Anda tetap bersih dari debu.
4.
Posisi
keyboard dan mouse mudah dijangkau
Menempatkan
Keyboard dan Mouse ditempat yang susah untuk dijangkau hanya akan membuat Anda
susah, apalagi jika Anda harus mengetik dokumen yang begitu banyak, ini hanya
akan memperlambat Anda dalam bekerja. Agar proses megetik Anda lebih nyaman,
silahkan simak beberapa tips berikut.
a. Letakkan mouse dan keyboard tidak jauh dari tangan sehingga mudah
dijangkau dan lengan anda bisa lebih rileks.
b.
Letakkan Mouse tidak jauh dari
Keyboard.
c.
Posisi keyboard usahakan lurus
dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika Anda menggunaan rak
keyboard yang bisa diatur ketinggiannya, itu lebih dianjurkan agar posisi
keyboard dapat menyesuaikan dengan tangan Anda.
d.
Posisikan Keyboard lebih rendah
sedikit dari ketinggian meja, jika tidak cukup rendah maka cobalah untuk
menaikkan ketinggian kursi Anda tetapi cegahlah jangan sampai kaki Anda
tergantung, jika memungkinkan Anda bisa menggunakan sandaran kaki.
e.
Peganglah Mouse dengan
santai dan rileks
5.
Istirahatlah
secara periodik
Sangat tidak dianjurkan menggunakan komputer dalam
waktu lama tanpa istirahat sedikitpun, karena hal ini akan membuat badan Anda
terasa pegal-pegal pada punggung dan nyeri. Untuk meringankan hal tersebut,
maka lakukanlah istirahat secara periodik dalam menggunakan komputer. Berikut
beberapa gerakan yang dapat mengurangi kepegalan dan menambah kenyamanan Anda
dalam
mengoperasikan Komputer.
mengoperasikan Komputer.
a.
Warm Up (Pemanasan) -
Sebelum melakukan stretching (peregangan otot), ada baiknya jika
Anda mulai dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda
hanya perlu duduk di kursi sembari meregangkan jemari-jemari Anda. Buatlah
gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki Anda, kemudian lanjutkan
dengan peregangan leher dengan menariknya ke arah dada anda.
b.
Kepalkan tangan dengan kuat lalu
lepaskan, ulangi sebanyak 3x.
c.
Mengistirahatkan Mata - Bekerja di
depan monitor terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk menghindarinya
dapat dilakukan dengan sering berkedip sehingga permukaan mata tetap basah dan
tidak kering dan mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap
layar Komputer selama beberapa saat.
C.
Tekik mengoperasikan komputer
Pada jaman modern ini, menggunakan
komputer sudah bukan sesuatu yang luar biasa lagi, Anda tidak perlu memiliki
latar belakang pendidikan khusus untuk Mengoperasikan
Komputer, cukup dengan anda bisa membaca dan menuli sudah bisa memahami
perintah sederhana komputer dan mengoperasikannya.
Cara mengoperasikan komputer sendiri
terdiri dari tiga tahapan, yaitu bagaimana menghidupkankan komputer,
mengoperasikan komputer itu sendiri dan bagaimana mematikan komputer.
1.
Prosedur untuk menghidupkan
komputer:
a. Pastikan semua kabel power sudah terhubung dengan aliran listrik.
b. Hidupkan CPU (Central Processing Unit) dengan menekan tombol On atau
Power .
c. Hidupkan Monitor dengan menekan tombol On pada Monitor.
d. Tunggu hingga booting selesai, lalu akan muncul tampilan windows yang
kita pergunakan.
2.
Pengoperasian komputer
Setelah komputer dinyalakan, maka proses selanjutnya adalah
mengoperasikan komputer. Agar anda bisa lebih cepat menguasai komputer, maka
gunakanlah komputer sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda. Jika anda seorang
designer, maka anda bisa menggunakan Software Design seperti Corel Draw, 3D,
Adobe Photoshop dan lain-lain. Jika tujuan anda untuk mengetik, mengirim email,
membuat surat dan aktivitas lainnya yang menunjang pekerjaan kantor atau
kuliah, maka Microsoft Office (Mirosoft Word, Excel, Power Point) dan sedikit
pengetahuan akan internet sudah sudah sangat mumpuni untuk membantu meringankan
pekerjaan.
3.
Prosedur untuk mematikan
komputer:
a. Klik tombol start yang berada pada taskbar.
b. Lalu klik tombol Turn Off komputer.
c. Setelah muncul tampilan yang menampilkan 3 pilihan, yaitu: a). Stanbay,
b). Turn Off, c). Restart
d. Nah anda pilih yang Turn Off.[1]
D.
Computer based learning
Jaya Kumar C. Koran (2002), mendefinisikan
e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan
rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi
pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning
sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet.
Sedangkan Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan
belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh
bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Atau e-learning didefinisikan
sebagai berikut : e-Learning is a generic term for all
technologically supported learning using an array of teaching and learning
tools as phone bridging, audio and videotapes, teleconferencing, satellite transmissions,
and the more recognized web-based training or computer aided instruction
also commonly referred to as online courses (Soekartawi, Haryono dan
Librero, 2002).
Rosenberg (2001) menekankan bahwa e-learning
merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi
yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini senada dengan
Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menekankan penggunaan internet
dalam pendidikan sebagai hakekat e-learning. Bahkan Onno W. Purbo (2002)
menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning
digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung
usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet.
Internet, Intranet, satelit, tape
audio/video, TV interaktif dan CD-ROM adalah sebahagian dari media elektronik
yang digunakan Pengajaran boleh disampaikan secara ‘synchronously’ (pada waktu
yang sama) ataupun ‘asynchronously’ (pada waktu yang berbeda). Materi
pengajaran dan pembelajaran yang disampaikan melalui media ini mempunyai teks,
grafik, animasi, simulasi, audio dan video. Ia juga harus menyediakan kemudahan
untuk ‘discussion group’ dengan bantuan profesional dalam bidangnya.
BAB
III
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi komputer yang dijelaskan
menjadi empat generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya,
mulai dari yang berukuran besar hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan
komponennya.
Di era modern sekarang ini, sebagian besar
orang di dunia ini menghambiskan banyak waktu di depan computer, tidak peduli
anak-anak, remaja, orang tua, pekerja kantor, penjaga mall sampai kegiatan di
sekolah sudah menggunakan computer. Hal
ini terjadi karena kebutuhan manusia akan tingkat efisiensi waktu yang sangat
tinggi untuk menunjang pekerjaan mereka. Akan tetapi dibalik semua itu, apakah
anda sadar menggunakan computer dengan cara yang salah dan dilakukan secara
berulang-ulang dalam waktu yang lama justru akan membuat anda mengalami gangguan
mata, kepala, leher, lengan, dan punggung. Selain itu menggunakan computer
dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan stress fisik.
Cara mengoperasikan komputer sendiri
terdiri dari tiga tahapan, yaitu bagaimana menghidupkankan komputer, mengoperasikan
komputer itu sendiri dan bagaimana mematikan komputer.
Jaya Kumar C. Koran (2002), mendefinisikan
e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan
rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi
pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Ada pula yang menafsirkan e-learning
sebagai bentuk pendidikan jarak jauh yang dilakukan melalui media internet.
Sedangkan Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan
belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh
bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar